Komposisi Makanan Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak - JAGAPATI.com

Komposisi Makanan Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak


Komposisi Makanan Ideal untuk Tumbuh Kembang Anak



Masa pertumbuhan seorang anak merupakan fase utama dalam pertumbuhan seseorang. Oleh karenanya, saat usia anak – anak, dibutuhkan banyak asupan gizi yang cukup. Makanan dengan kandungan gizi cukup dan seimbang penting untuk tumbuh kembang anak dan berdampak langsung pada perkembangan otak menurut Ketua Unit Kerja Koordinasi Gizi dan Penyakit Metabolik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Endang D. Lestari SpA(K). Dia menuturkan bahwa berbagai gizi memiliki manfaat langsung untuk perkembangan otak, termasuk proses kognitif dan emosi.



Ia menjelaskan, supaya kebutuhan gizinya terpenuhi , maka anak harus mendapatkan makanan dengan kandungan karbohidrat sekitar 50%, lemak 30%, protein 10-15% dan sisa vitamin dan mineral, untuk sekali makan.
Begitupula dengan lemak, lemak memiliki peran penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Karena otak 60% nya terdiri dari lemak. Jika anak diet lemak, dikhawatirkan otak tidak berkembang.
Selain nutrisi seimbang (karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral), anak juga membutuhkan nutrisi spesifik seperti Kolin, AA, DHA, Iodium, Zat Besi dan Asam Folat.
Kolin, AA dan DHA adalah beberapa komponen kunci dalam pembentukan sinaps pada 1000 hari pertama kehidupan. Periode emas untuk proses belajar dan pertumbuhan. Misalnya bisa diperoleh dari daging, ikan laut dan ganggang laut.
Dijelaskan pula bahwa kekurangan nutrisi dapat memberikan dampak negatif pada perkembangan otak serta mempengaruhi perkembangan fungsi kognitif, motorik dan sosio-emosional anak dalam jangka panjang.
Hal ini juga ber pengaruh juga pada kemampuan belajar anak, konsentrasi dan atensinya. Yuk, mari kita lakukan sejak dini untuk senantiasa memberikan asupan gizi yang cukup dan seimbang kepada buah hati kita.

Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk