Macam-macam Teh Serta Manfaatnya - JAGAPATI.com

Macam-macam Teh Serta Manfaatnya


Macam-macam Teh Serta Manfaatnya



Sudah begitu banyak penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi teh merupakan sebuah rutinitas yang menyehatkan, sebab kandungan teh yang kaya akan antioksidan ini mampu mencegah kanker dan menghambat proses penuaan.

Terdapat berbagai jenis teh yang membuat kita sedikit bingung mengenai perbedaan dan kegunaannya bagi kesehatan. Berdasarkan asal-usulnya semua teh sama-sama bermanfaat bagi kesehatan, akan tetapi terdapat beberapa jenis teh yang memiliki kadar polifenol dan antioksidan lebih tinggi dibanding jenis teh lainnya.

Untuk itu mari kita pahami beberapa jenis teh berikut ini.

1.       Teh Hijau
Teh yang sangat popular di Asia ini mengandung 25 miligram per cangkirnya. Setelah daun dipetik, daun dikeringkan dengan udara panas. Kemudian disangarai tetapi tidak difermentasikan, sehingga kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi pada daun teh ini tetap terjaga dengan baik. Teh hijau dikenal baik dengan kandungan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu teh hijau mengandung Flouride yang memperkuat tulang dan mencegah kerusakan pada gigi. Teh hijau juga diyakini dapat menurunkan kolesterol yang menyumbat pembuluh darah, meredakan stres, serta membantu menurunkan berat badan.

2.       Teh Oolong
Oolong atau wulong berasal dari bahasa Mandarin yang artinya naga hitam. Nama ini didapat dari bentuk teh yang panjang, gelap dan berlekuk-lekuk seperti naga. Teh ini dihasilkan dari proses yang cukup unik yaitu ditaruh di bawah sinar matahari hingga layu dan mengalami proses oksidasi sebelum daun teh berubah jadi melengkung. Kemudian teh dipindahkan di tempat teduh untuk dilakukan proses semi fermentasi.
Teh yang dipercaya membantu memperlancar proses pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol ini mengalami proses fermentasi tidak terlalu lama yaitu 2-3hari saja. Kandungan polifenol teh Oolong lebih tinggi dibanding teh hitam dan teh hijau.

3.       Teh Hitam
Teh hitam berasal dari daun tanaman Camellia Sinesis dan mengalami proses oksidasi cukup lama, yakni 2 minggu hingga 1 bulan. Teh hitam memiliki kandungan kafein paling tinggi dibanding teh lainnya. Teh ini dikenal oleh para perokok aktif dapat berkhasiat mengurangi efek buruk yang ditimbulkan nikotin terhadap paru-paru. Teh hitam juga dikenal membantu mengurangi resiko stroke. Kandungan antioksidannya membantu mengurangi pembekuan pembuluh darah.

4.       Teh Merah
Teh merah merupakan minuman tradisional Afrika yang sangat kaya akan antioksidan dan terbukti membantu meningkatkan kinerja system kekebalan tubuh dan bebas kafein sehingga tergolong dalam teh herbal. Teh ini tidak berasal dari Camelia melainkan terbuat dari ramuan asli afrika selatan yaitu Rooibos yang kaya akan polifenol dan flavonoid. Salah satu unggulan dari teh merah adalah mampu melindungi tubuh dari radikal bebas.

Produk Terkait



Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk