Manfaat Gizi Untuk Tubuhmu - JAGAPATI.com

Manfaat Gizi Untuk Tubuhmu


Manfaat Gizi Untuk Tubuhmu



Gizi adalah elemen yang terdapat dalam makanan dan dapat dimanfaatkan secara langsung oleh tubuh. Gizi merupakan komponen pembangun tubuh dalam tubuh manusia agar dapat mempertahankan dan memperbaiki jaringan-jaringan agar fungsi tubuh manusia itu sendiri dapat berjalan sebagaimana fungsinya. Tidak mengabaikan asupan gizi berarti kita membuat fungsi-fungsi tubuh bekerja secara maksimal.

Sumber gizi tedapat pada setiap makanan dan minuman yang telah kita konsumsi selama ini. Adapun gizi yang diperlukan tubuh adalah sebagai berikut:

Karbohidrat.
Zat gizi ini terbentuk dari unsur karbon, Oksigen dan Hidrogen. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga, makanan cadangan, dan mempertahankan suhu tubuh. Bahan makanan yang mengandung karbohidrat adalah gandum, beras, jagung, sagu dan ketela pohon.

Lemak.
Lemak atau lipida terjadi pada proses metabolism tubuh. Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga dan juga cadangan makanan. Makanan yang memiliki kandungan lemak adalah kelapa, kacang tanah, kuning telur, keju, dan daging.

Air.
Bagian terpenting dari setiap sel tubuh dan dapat ditemukan pada hampir semua bahan makanan. Dalam tubuh manusia, air merupakan paling dominan sebagai pembangun struktur tubuh. Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan , melancarkan pencernaan makanan dan pengatur suhu tubuh. Selain diperoleh dari air yang kita minum sehari-hari, air juga diperoleh dari makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Pada kondisi normal, manusia membutuhkan minimal 2,5 liter air setiap harinya. 

Protein.
Makanan yang berprotein berguna untuk pertumbuhan, perkembangan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Zat pembangun tubuh ini biasa ditemukan pada susu, daging, putih telur, dan kacang-kacangan seperti kedelai.
Mineral; Mineral merupakan zat pengatur tubuh yang diperlukan tubuh hanya dalam jumlah sedikit. Walaupun begitu, tubuh tetap memerlukan mineral dan jika tidak terpenuhi akan berakibat buruk pada kesehatan

  • Fosfor, untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Terdapat pada ikan, kacang-kacangan, susu, dan keju. 
  • Fluor, untuk pembentukan tulang dan gigi. Sumber Flour yaitu Susu, kuning telur, ikan laut, dan otak.
  • Kalsium, membantu pembentukan tulang dan gigi dan terdapat pada sayuran kol, wortel, kacangkacangan, bawang, susu, dan keju. 
  • Zat besi, membantu kerja otot dan saraf, membentuk sel darah merah,mencegah penyakit kurang darah (anemia). 
  • Yodium, berguna untuk mencegah penyakit gondok. sumber : Ikan laut, garam beryodium, dan sayuran hijau. Tanda yang paling umum dikenal akibat kekurangan iodium adalah gondok, atau pembengkakan kelenjar tiroid di leher. Kekurangan iodium terutama mempengaruhi perkembangan otak.
Vitamin 
Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur pelindung tubuh, serta mencegah timbulnya penyakit. Namun jika anda kekurangan vitamin atau biasa disebut dengan avitaminosis dapat mengganggu kesehatan seperti sariawan dan radang gusi akibat kekurangan vitamin C, kebutaan (xeropthalmia) akibat kekurangan vitamin A, sel-sel darah merah pecah dan penimbunan lemak pada otot akibat kekurangan vitamin E, beri-beri akibat kekurangan vitamin B, pembekuan darah dan penyembuhan luka lambat akibat kekurangan vitamin K.

Begitu pentingnya kandungan gizi pada tubuh manusia sehingga kita harus memperhatikan dan mengontrol secara seksama. Mulailah perhatikan makanan yang kita konsumsi terkait dengan kandungan gizi sebelum benar-benar kita putuskan untuk dikonsumsi.


Produk Terkait



Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk