Teh Hitam Solusi Masalah Pencernaan - JAGAPATI.com

Teh Hitam Solusi Masalah Pencernaan


Teh Hitam Solusi Masalah Pencernaan



Sejak dahulu kala teh merupakan minuman kesukaan setiap orang. Rasanya yang menyegarkan dan baik untuk kesehatan membuat teh biasa dikonsumsi pagi atau sore hari setiap harinya. Orang Indonesia mulai akrab dengan rutinitas minum teh dengan sebutan “Tea Time”. Dibalik kesederhanaan secangkir teh, ternyata memiliki berjuta-juta manfaat loh. 

Pada umumnya teh memiliki beberapa jenis seperti teh hijau, teh oolong, teh merah, teh hitam dan masih banyak lainnya. Perbedaan teh hitam dengan jenis teh lainnya adalah proses penjemuran daun teh yang lebih lama.

Teh hitam berasal dari tanaman teh Camellia Sinensis. Jika pada teh hijau daun teh tidak lama setelah dipetik segera dikeringkan dan langsung dilanjutkan dengan proses kukus. Sedangkan untuk menghasilkan teh hitam, daun teh akan dibiarkan hingga berwarna cokelat karena mengalami proses oksidasi sempurna. Proses ini membuat teh hitam memiliki rasa dan warna yang khas.

Salah satu yang menjadikan teh hitam sebagai teh yang diminati kebanyakan orang adalah manfaatnya  dalam memperlancar pencernaan. Seperti kita ketahui bahwa pencernaan merupakan bagian terpenting dari proses mengolah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Seringkali gangguan pencernaan hanya dianggap sepele, maka hal ini akan berkembang menjadi penyakit yang lebih kronis. Masalah pencernaan yang kerap terjadi seperti kembung, diare, mual, dan sembelit. Kalau sudah terjadi seperti ini, tentu akan mempengaruhi penyerapan nutrisi yang terganggu hingga aktifitas yang terbengkalai bila tidak ditangani dengan tepat.

Masalah pencernaan biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, menu makanan yang salah hingga gaya hidup. Anda tidak harus selalu bergantung dengan obat-obatan kimia jika masalah ini terjadi. Mengonsumsi teh hitam merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan serta memperlancar pencernaan.

Teh hitam ini kaya akan zat tannin yang berguna untuk menenangkan sistem pencernaan. Selain itu teh hitam juga memiliki zat anti inflamasi yang berfungsi untuk mengatasi peradangan pada sistem pencernaan. Aroma teh yang dihasilkan ketika kita menyeduhnya didapat dari kandungan essential oil. Kandungan ini mendukung untuk menghancurkan lemak dan melancarkan pencernaan. 

Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk