Teh Oolong dan 6 Manfaatnya - JAGAPATI.com

Teh Oolong dan 6 Manfaatnya


Teh Oolong dan 6 Manfaatnya

Teh Oolong



Teh Oolong merupakan teh semi fermentasi sejenis teh tionghoa, terbuat dari daun dan tunas tanaman Camellia sinensis, sebagaimana teh murni lainnya. Nama ‘Oolong’ atau ‘Wulong’ berasal dari China, yang berarti ‘naga hitam’. Warna teh ini bisa dibilang antara warna hijau dan hitam.
Selain itu, terdapat banyak jenis teh oolong, dengan berbagai rasa dan aroma, mulai dari manis beraroma buah hingga yang pahit dan beraroma kayu.
Teh oolong yang diseduh dengan baik memiliki rasa yang pahit, namun meninggalkan rasa sedikit manis setelah diminum. Umumnya teh jenis inilah yang disajikan di restoran-restoran Tionghoa yang menghidangkan dim sum atau masakan Tionghoa lainnya.
Seperti halnya teh lainnya, teh oolong dapat diminum kala santai bersama teman dan keluarga. Teh oolong juga menawarkan berbagai khasiat dan manfaat bagi yang meminumnya, misalnya untuk membantu kinerja sistem pencernaan hingga mengobati sakit kepala. Berikut adalah beberapa manfaat minum teh oolong untuk kesehatan:

  • Antioksidan tinggi
Walaupun proses fermentasi dapat mengurangi konsentrasi antioksidan pada teh, oolong tetap merupakan sumber senyawa antioksidan yang tinggi, untuk menangkal berbagai zat radikal bebas dalam tubuh. Sebuah penelitian menyatakan bahwa menyeduh teh oolong dalam air panas dalam waktu yang agak lama dapat meningkatkan khasiat antikosidan di dalamnya.

  • Meningkatkan Energi
Kandungan kafein dalam teh oolong dapat memberikan tambahan energi bagi tubuh secara alami, tanpa disertai bahan tambahan yang merusak seperti gula dan kream, sebagaimana yang terdapat dalam kopi.

  • Mencegah Kanker
Karena teh oolong merupakan sumber antioksidan yang baik, maka dapat membantu melawan dan mencegah kenker akibat berbagai radikal bebas penyebab kanker yang masuk ke dalam tubuh.

  • Mengurangi Berat Badan dan Mencegah Obesitas
Teh oolong dikenal mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu tubuh dalam pembakaran lemak. Kandungan polifenol yang terdapat dalam teh oolong juga memiliki efek anti-obesitas. Dengan demikian teh oolong sangat baik dimasukkan dalam menu diet anda sehari-hari.

  • Menjaga Kesehatan Kulit
Sebuah studi menunjukkan bahwa meminum teh oolong merupakan pengobatan yang efektif untuk dermatitis. Kandungan tinggi antioksidannya juga sangat baik dalam mengeluarkan racun atau toksin dari kulit yang dapat menyebabkan penuaan dini dan noda kusam pada kulit. Selain itu teh oolong juga dapat membantu mencegah kerusakan kulit akibat radiasi sinar UV.

  • Baik untuk Kesehatan Tulang
Rutin meminum teh oolong dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis, sekaligus menjaga kesehatan tulang secara umum.

Produk Terkait



Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk