#mitosataufakta Makanan Pedas dapat membuat Maag? - JAGAPATI.com

#mitosataufakta Makanan Pedas dapat membuat Maag?


#mitosataufakta Makanan Pedas dapat membuat Maag?



Siapa yang tidak suka pedas? Rasa pedas dari cabai ini yang menbuat makanan lebih terasa menantang dan terasa. Cabai sendiri merupakan sayuran yang mengandung beberapa zat diantaranya capsaicin yang memberi rasa pedas, vitamin C, vitamin A, mineral, antioksidan dan serat.

Memang makanan pedas terasa enak di lidah. Dan tidak jarang, ada anggapan kalau makanan pedas dapat menyebabkan sakit maag karena saat mengonsumsi makanan pedas setelahnya kita akan merasakan sakit perut. Mengonsumsi makanan pedas menjadi penyebab asam lambung sebenarnya adalah mitos. Rasa nyeri akibat makanan pedas sebenarnya bukanlah disebabkan oleh gangguan pada asam lambung. Makanan pedas malah membantu menyembuhkan luka.

Capsaicin yang terdapat pada cabai memberikan efek penghilang rasa sakit terutama sakit kepala, anti radang serta meningkatkan nafsu makan. Selain itu, cabai juga baik untuk orang yang memiliki masalah kesulitan buang air besar karena dapat meningkatkan kontraksi usus sehingga merangsang seseorang untuk buang air besar. Inilah yang membuat perut terasa sakit atau melilit.

Bahan kimia capsaicin dalam cabai yang memicu saraf di lambung untuk mengirim sinyal adanya iritasi lambung ke otak, sehingga menimbulkan rangkaian respon dari tubuh untuk melindungi lambung. Capcaisin yang ada dalam cabai bisa memicu pengeluaran asam lambung jika berlebihan dan melukai dinding lambung jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Jadi, sambal atau cabai memang dapat membuat sakit perut jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, kadar toleransi terhadap cabai hanya dapat diketahui oleh masing-masing individu.

Artikel Terkait



Berlangganan Newsletter
Dapatkan Specials, Exclusive Promo & News

Bandingkan Produk